Recent Comments


Tuesday, July 31, 2012

Istilah Dalam Web

 Selamat pagi semua :) Di pagi hari ini, saya akan tepati janji saya untuk mencari info tentang istilah dalam web. Well, alhamdulillah setelah selesai sahur dan ngoding bentar, lalu ngurus blog baru ini. Okay, langsung istilah-istilah dalam web :








ASP - Salah satu bahasa pemrograman lain. Banyak tersedia hanya di server webhosting berbasis Windows. Lihat juga: PHP.
Aplikasi web - Program komputer yang dijalankan khusus di website.

Colocation
- Nama lain: penitipan server. Layanan di mana sebuah mesin/server milik klien ditaruh di data center milik penyedia hosting. Dapat terdiri dari layanan colocation yang managed dan non-managed. Managed adalah di mana penyedia hosting turut login ke dalam server dari waktu ke waktu untuk membantu mengurus/menjaga server, sementara ini tidak dilakukan pada layanan non-managed. Layanan managed lebih tinggi biayanya karena jasa yang ditawarkan lebih banyak, tapi lebih cocok bagi pengguna server yang awam/tidak memiliki keahlian teknis memaintain sebuah server. Lihat juga: Dedicated Hosting.

Data center - Istilah untuk fasilitas tempat (ruangan, bangunan) yang diperlengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti pendingin/AC, koneksi internet, rack-rack server, dan monitoring lainnya sehingga cocok untuk ditaruh server.

Dedicated Hosting - Sebuah server yang dipakai oleh 1 account (atau 1 website, 1 klien) saja. Keuntungannya adalah performa dan privasi yang lebih baik, karena server tidak dipakai oleh pihak ketiga. Kerugiannya adalah harga yang lebih mahal. Terdiri dari Colocation (di mana mesin disediakan oleh klien sendiri dan ditaruh di data center penyedia hosting) dan Dedicated Server (di mana mesin disediakan oleh pihak penyedia hosting). Lihat juga: Shared Hosting.

Dedicated Server - Nama lain: penyewaan server. Layanan di mana sebuah mesin/server disewakan oleh penyedia hosting kepada klien. Dapat terdiri dari layanan dedicated server yang managed dan non-managed. Managed adalah di mana penyedia hosting turut login ke dalam server dari waktu ke waktu untuk membantu mengurus/menjaga server, sementara ini tidak dilakukan pada layanan non-managed. Layanan managed lebih tinggi biayanya karena jasa yang ditawarkan lebih banyak, tapi lebih cocok bagi pengguna server yang awam/tidak memiliki keahlian teknis memaintain sebuah server. Lihat juga: Dedicated Hosting.

Depkominfo - Departemen di Indonesia. Pihak yang saat ini menangani pendaftaran domain .id.

Domain - Lihat: Nama Domain.

FTP - File Transfer Protocol, salah satu protokol yang digunakan untuk mentransfer (mengupload atau mendownload) file ke/dari server. Anda menggunakan program FTP client seperti Filezilla untuk mentransfer file menggunakan protokol FTP.

Hosting
- Istilah untuk jasa penyewaan server Internet untuk keperluan website dan email. Pihak awam atau pemakai umum menyewa jasa hosting kepada penyedia hosting dan mendapatkan account hosting (sejumlah ruang disk, account email, akses shell/FTP, dll) dan dapat mengupload file-file website yang kemudian nanti dapat dilihat oleh pengunjung website. Biasa disebut juga webhosting/web hosting, karena umumnya selalu berkaitan dengan website, walaupun bisa saja ada layanan hosting yang khusus email saja (email hosting), akses telnet/SSH/shell saja (shell hosting), dsb. Lihat juga: shared hosting, dedicated hosting.

Lemari server - Lihat: Rack server (rak server).

Linux
- Sistem operasi berbasis Unix yang bersifat gratis dan open source, dikembangkan sejak awal tahun 1990-an. Banyak dipakai untuk menjadi server, termasuk server hosting.

Multiple domain
- Menempatkan lebih dari satu domain di satu account hosting. Umumnya account hosting dipakai untuk satu website atau domain.

Nama domain - Sebuah nama yang terdiri dari kata yang dipisahkan dengan titik, contohnya: yahoo.com, tokoku.com, m-w-n.co.id. Untuk website, email, dan keperluan komunikasi lain diperlukan nama domain. Dapat mewakili/menjadi identitas sebuah perusahaan atau perorangan. Biasanya sebuah nama domain harus disewa/didaftarkan dan harus diperpanjang per tahun, dengan kata lain tidak untuk dimiliki selamanya oleh salah satu pihak. Lihat juga: Top Level Domain (TLD), Second Level Domain (SLD).

Penyedia hosting - Hosting provider, perusahaan penyedia jasa hosting. Contohnya: M W N adalah perusahaan penyedia hosting.

Perl - Salah satu bahasa pemrograman lain. Dulu amat popular sebelum PHP terkenal. Banyak tersedia di server webhosting berbasis Unix/Linux. Lihat juga: PHP.

PHP - Salah satu bahasa pemrograman untuk aplikasi web yang paling popular saat ini. Bersifat gratis dan open source. Tersedia banyak (ribuan, ratusan ribu) aplikasi web gratis dan komersial yang ditulis dalam bahasa PHP. Umumnya webhosting menyediakan fitur PHP.

Rack server - Lemari atau rak untuk menyimpan server. Bedanya dari lemari biasa, umumnya terbuat dari logam dan kaca, dan memiliki ukuran standar (dinyatakan dalam satuan U, mis: 19U, 22U, 45U, dsb) dan fasilitas lain seperti kipas, colokan listrik, dll agar cocok ditaruhi server.

Second Level Domain (SLD) - Akhiran kedua terakhir (top-level) dari sebuah nama domain. Biasanya nama domain negaralah yang memiliki second level. Contohnya di Indonesia, domain .id, dibagi-bagi lagi menjadi SLD berikut: ac.id (untuk universitas), .co.id (untuk perusahaan PT/CV), .or.id (untuk organisasi), .sch.id (untuk sekolah), dsb. Lihat juga: Top Level Domain (TLD).

Server - Istilah untuk komputer (atau sekumpulan komputer, atau mesin virtual) yang biasanya cukup powerful/berspek tinggi (mis: memori dan kapasitas disk besar) yang aktif selama 24 jam sehari dan dipakai untuk melayani kebutuhan tertentu. Contohnya adalah server hosting, yang dipakai untuk kebutuhan hosting.

Shared Hosting - Layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah, namun kerugiannya adalah tingkat privasi dan performa yang tidak sebaik hosting dedicated.

Top Level Domain (TLD) - Akhiran terakhir (top-level) dari sebuah nama domain, misalnya: .com, .net, .org, .id, dll. Contoh: pada domain tokoku.com TLD-nya adalah .com. TLD dapat berupa perwakilan negara, mis: .id untuk Indonesia, .my untuk Malaysia, .jp untuk Jepang, dsb. Dapat juga bersifat generik, mis: .com/.net/.org/dsb. Lihat juga: Second Level Domain (SLD).

Unix - [Keluarga] sistem operasi yang telah ada sejak tahun 1970-an. Windows sendiri, saingan Unix, baru ada sejak tahun 1980-an. Lihat juga: Linux.

Web hosting
- Lihat: Hosting.

Website - Sekumpulan halaman web yang memiliki alamat tertentu. Dapat berguna sebagai media informasi, komunikasi, interaksi, dll. Lihat juga: Website Dinamik, Website Statik.

Website dinamik - Website yang mengandung program atau skrip dan/atau database, sehingga dapat melakukan interaksi yang lebih ketimbang hanya halaman web yang statik saja. Lihat juga: Website Statik, Aplikasi Web.

Website statik - Website yang hanya terdiri dari file-file HTML (dan gambar), sehingga hanya bisa dibaca seperti brosur atau buku dan tidak bisa berinteraksi lebih dengan pengguna, misalnya menerima pendaftaran, mengirim email, dsb. Lihat juga: Website Dinamik, Aplikasi Web.


Sumber

Ditulis Oleh : Garry Laly // Tuesday, July 31, 2012
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment