Recent Comments


Sunday, August 5, 2012

Belajar Menjadi Seorang Programmer

Selamat malam, tak terasa tinggal beberapa hari lagi adalah libur sekolah untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Sungguh rasanya rindu dengan pelajaran-pelajaran disekolah. Tapi tidak masalah :) Yang penting saya masih bisa ngoding dan melanjutkan project-project saya.
Yah, di malam hari ini saya akan mencoba berbagi pengalaman saya dalam dunia programmer. Tetapi sebelum saya akan menjelaskan sedikit tentang programmer.

Apa itu Programmer? Programmer adalah seseorang yang sebagai pembuat perangkat lunak atau software. Bisa juga berupa program-program untuk game.
Programmer juga bisa disebut sebagai Software Enginner yang artinya juga sama. Tetapi programmer bukan cuma membuat sebuah software tapi juga bisa membuat program-program dalam sebuah game.

Dalam menjadi programmer dibutuhkan bahasa komputer atau mesin yang biasa disebut dengan bahasa pemprograman atau sering kita sebut dengan script. Bahasa pemprograman itu luas, tetapi dibagi dengan 3 macam yaitu bahasa untuk web, bahasa untuk dekstop, dan bahasa untuk mesin.
Ketiga bahasa itu memiliki ciri-ciri yang berbeda tetapi dalam setiap bahasa pemprograman memiliki 1 kesamaan yang tak dapat dipungkiri lagi yaitu pola berpikir dalam menyelesaikan masalah atau bisa disebut dengan pemikiran logika. Logika artinya akal-akalan. Contohnya disaat kita ingin pergi ke Jakarta dan kita tinggal di Surabaya. Kita bisa melakukan itu dengan kendaraan darat maupun udara. Tetapi bagaimana jika kita ingin cepat tiba pada waktunya? Nah itulah yang disebut dengan pemikiran logika :)

Mulai dari mana?
Untuk menjadi seorang programmer sebenarnya luas sekali. Menurut pendapat dan pengalaman saya, lebih baik anda mulai belajar dari membuat software kecil. Contoh membuat menu Login, membuat simulasi lampu lalu lintas dan lain-lain.

Bahasa pemprograman yang mudah dipahami?
Sebenarnya semua bahasa itu mudah dipahami asalkan kita giat belajar dan yakin akan bisa. Tapi jangan lupa untuk selalu berusaha dan do'a. Untuk bahasa, saya awalnya belajar bahasa pemprograman Visual Basic. Kenapa?? Karena saat itu saya mendapat kenal seorang guru yang lumayan pandai bahasa tersebut. Yah, sambil mencari pengalaman saya mencoba belajar dan bertanya-tanya kepada beliau. Saya sarankan sih, belajar Visual Basic 6 saja dulu karena bahasanya sangat mudah dipahami menurut saya.

Belajar secara otodidak atau kursus?
Saya sendiri tidak pernah yang namanya ikut kursus, karena orang tua saya tidak mampu membiayai kursus sekaligus sekolah saya. Apalagi sekarang saya masuk SMK Swasta, jadi membutuhkan biaya yag gedhe. Yah, mau tidak mau saya belajar secara otodidak dari internet. Banyak kok tutorial-tutorial tentang bahasa pemprograman Visual Basic 6 atau bisa belajar dari saya :) Jika mau sih....

Butuh waktu berapa lama untuk belajar secara otodidak?
Kalau saya sendiri, belajar secara otodidak membutuhkan waktu sekitar 1 tahunan. Saya mulai mendalami dunia komputer saat saya kelas 9 dan masih kelas 10. Itu juga saya selingi dengan belajar desain, seperti menggambar, membuat game, belajar modelling 3D, dll. Jadi sebelum saya masuk jurusan RPL ini. Saya masih belum fokus untuk menuju ke desainer atau programmer, tetapi akhirnya saya menentukan untuk lebih fokus ke programmer dan desainer nomor 2.

Syarat menjadi programmer?
Dalam menjadi programmer syaratnya cuma mampu berpikir keras dalam menyelesaikan sebuah masalah kecil maupun besar, rajin belajar, berdo'a dan selalu bertanya jika telah gagal mencoba.

Apa suka duka menjadi programmer?
Kalau sukanya saya karena hobi, karena memang dari kelas 3 SD saya sudah sangat suka dengan namanya komputer. Tetapi bukan karena hobi juga, saya juga termotivasi untuk membuat software yang komersial lalu menjualnya. Kan lumayan untuk membantu orang tua saya :) Saya dapat motivasi ini dari paman saya yang juga seorang programmer, beliau tinggal di pulau Bali (jauh juga ya -__- )
Kalau dukanya itu terkadang saya bosan jika ada bug-bug atau masalah dalam mengerjakan sebuah software. Apalagi jika sudah berusaha googling dan terus mencoba tetapi hasilnya nihil, rasanya ingin marah-marah sendiri. Tetapi saya memiliki cara khusus untuk menghilangkan rasa bosan itu.
Caranya mudah, cukup dengan bermain game kesukaan anda sampai bosan bermain game tersebut. Otomatis anda akan bingung mau ngapain lagi, akhirnya akan kembali menyelesaiakan masalah dari software anda atau juga bisa langsung bertanya kepada orang yang lebih tau dan mengerti. Tetapi cara terakhir ini sangat kecil kemungkinannya, karena jaman sekarang sangat jarang sekali orang baik. Meski ada orang baik pun pasti dia sibuk dengan kehidupannya sendiri-sendiri. Maka dari itu saya sarankan untuk selalu mencoba dan berusaha menyelesaikan masalah anda sendiri. Atau bisa tanya ke saya bila bingung :)
Tetapi saya masih newbie lho :v

Yah, begitulah pengalaman saya dalam dunia programmer. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadikan anda termotivasi :)
Terimakasih banyak telah membaca artikel saya yang aneh ini.

Sekian dan sampai jumpa~

Ditulis Oleh : Garry Laly // Sunday, August 05, 2012
Kategori:

4 komentar:

  1. btw q mulai blajar VS.net 2012, tapi pas q googling drimana blajarnya ko jdi bingung sndiri ya, jadi mulainya darimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Relatif sih ya, kalau saya memulainya dari membuat sistem yang sederhana. Misal membuat sebuah sistem login tanpa database kemudian saya tingkatkan dengan menambahkan fitur jika pengetikan salah lebih dari tiga maka secara otomatis program akan tertutup.
      Dari pembelajaran tersebut saya mengerti dengan penggunaan statement IF ELSE END IF, deklarasi var sekaligus penggunaannya.
      Jadi yang pertama yang harus dipelajari yaitu cara deklarasi variable kemudian cara menggunakannya bagaimana.

      Delete