Recent Comments


Tuesday, August 7, 2012

[Tutorial]Mencari Driver Komputer/Laptop

Selamat malam, bagaimana puasa hari ini? Saya harap lancar :) Pada malam hari ini saya akan berbagi pengalaman saya. Pengalaman tentang mencari driver pada komputer/laptop. Hari ini saya dilibatkan masalah oleh teman saya tentang menginstall ulang windowsnya yang terkena virus. Parahnya dia menyuruh saya untuk menginstall ulang tapi dia tidak mempunyai drivernya. Apalagi saya tidak punya persediaan driver untuk setiap jenis hardwarenya. Lalu bagaimana solusinya untuk mengatasi masalah tersebut?? Caranya mudah :) Cukup mencari jenis driver yang sudah terinstall di windows lama dengan cara manual. Jadi sebelum menginstall windows kita harus mencari kode path pada drivernya terlebih dahulu. Disini saya menggunakan windows 7, untuk windows XP kurang lebih sama :)
Berikut langkah-langkahnya :

1. Klik kanan pada My Computer/Computer lalu pilih properties.
2. Cari tulisan Device Manager lalu klik saja.
3. Untuk windows XP saya belum coba, tapi kurang lebih sama dengan windows 7. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.
 







4. Kalau menurut pengalaman saya, driver yang paling dibutuhkan adalah di bagian : Display Adapters(Atau yang kita kenal sebagai VGA), Sound, Network(kalau ada WiFi nya), WebCam(kalau ada).
5. Klik kanan pada driver yang anda ingin gunakan di windows baru anda nanti. Lalu pilih properties
6. Kemudian pilih tab Details.
7. Di langkah ke 7 saya mencoba untuk mencari kode pada driver VGA(Display Adapters). LIhat gambar berikut :












8. Lalu ganti tulisan Device description menjadi Device Instance Path. Nanti akan muncul kode pada driver seperti gambar ini :











9. Copy kode berikut dan paste di notepad, lebih baik beserta nama drivernya saja, biar tidak bingung pas download nanti :)
10. Copy lagi kode tadi, dan paste kan di website ini : www.devid.info/en/ Pastekan saja dibagian Search nya. Nanti akan otomatis mencari sendiri, lalu segera download. Rata-rata sizenya kurang dari 100MB tapi tergantung jenis drivernya juga sih.
11. Ulangi langkah ke 5 sampai 10.
12. Kalau sudah mendownload semua kode pada driver yang anda butuhkan. Sekarang saatnya install ulang windows :)

Kurasa untuk install ulang sudah bisa ya... Sangat mudah kok, tinggal dibaca perintahnya lalu di ikuti.
Sekian tutorial saya dimalam hari yang gelap dan dingin ini :)
Kalau sudah menginstall ulang windows, nanti tinggal install drivernya. Dijamin berhasil 100% :)

Terimakasih telah membaca tutorial saya yang aneh dan gak jelas~

Ditulis Oleh : Garry Laly // Tuesday, August 07, 2012
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment