Recent Comments


Monday, March 18, 2013

VB.NET : Split String


Sudah lama tidak menulis artikel dan ngurus blog ini. Insya Allah setiap saya dapat ilmu akan saya jadikan artikel, selain bermaksud untuk berbagi juga ingin untuk mendokumentasikan apa yang telah saya pelajari :)

Setelah pulang dari Universitas Ma Chung, Malang. Saya jadi terinspirasi oleh beliau, founder dari Mimi Creative. Kali ini saya akan membagi ilmu pemprograman VB.NET tentang manipulasi sebuah string menjadi string array dengan metode split. Saya asumsikan Anda telah memahami dasar dari bahasa pemprograman ini.

Berikut kodenya beserta penjelasannya :

Dim str As String 'Membuat variabel str dengan tipe String.
Dim strArr() As String 'Membuat variabel strArr dengan tipe String Array.
Dim count As Integer 'Membuat variabel count dengan tipe Integer(berisi Angka), untuk kondisi perulangan.
str = Me.TextBox1.Text.Trim 'Mengisi variabel str dengan input pada TextBox1. Trim berguna untuk menghapus spasi disetiap awal dan akhir kalimat.
strArr = str.Split(Me.TextBox2.Text) 'Mengisi strArr dengan batas yang akan berguna untuk membagi kalimat pada TextBox1.
For count = 0 To strArr.Length - 1 'Membuat perulangan dari 0 sampai banyaknya karakter pada TextBox1 - 1.
   MsgBox(strArr(count)) 'Menampilkan hasil Split String ke MsgBox.
Next


Untuk sample projectnya bisa didownload disini (jangan lupa hapus tanda *). Saya menggunakan VS 2008, jika dibuka VS diversi lain saya gak jamin bisa tapi untuk versi diatasnya mungkin bisa.
Semoga ilmu ini bermanfaat :)

Ditulis Oleh : Garry Laly // Monday, March 18, 2013
Kategori:

2 komentar:

  1. lama tak ada kabar sodara =w=b

    btw "delimited" itu bukannya seharusnya "delimiter" yak
    CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi sibuk dikejar deadline untuk tugas2, huhu -.-

      Delimited yang mana yak?

      Delete